Senin, 26 Desember 2016

Pengaruh Vlog Terhadap Psikologis Seseorang



Pengaruh Vlog Terhadap Psikologis Seseorang
Oleh : Agustin Tiara Yuti
            Video blog biasa disingkat vlog adalah sebuah blog yang bermediakan video, sedangkan vlogger itu sendiri berarti orang yang membuat vlog. Adapun vlogging, ini adalah istilah para vlogger membuat vlognya, biasanya dilakukan dengan cara berbicara didepan kamera, menceritakan sesuatu yang ia suka, berbicara berbagai tips, dan berbagai apapun yang ada dipikiran. Vlogger biasanya membuat vlog secara reguler, harian, mingguan, bahkan bulanan.
            Mungkin bagi sebagian orang akan berpikir bahwa vlogger adalah pekerjaan orang-orang yang kurang kerjaan. Pernyataan tersebut sebenernya kurang tepat. Membuat vlog atau menjadi vlogger dan melakukan vlogging adalah cara mudah untuk mendapatkan uang  dari internet. Jadi apabila kita semakin rajin bekerja dan berinovasi dalam membuat vlog, maka semakin tinggi juga pendapatan kita. Nah, menjadi vlogger bukan berarti orang-orang yang kurang kerjaan, kita bisa membuktikan dengan hasil yang sudah kita dapat.
            Semenjak adanya fenomena vlog hampir semua kalangan dari anak muda, hingga pablik figure, berbondong-bondong membuat beragam video yang menurut mereka menarik. Tetapi membuat video blog tersebut tidak sedikit yang menyimpan kenyataan yang bertolak belakang. Seperti misalnya seseorang terlihat sangat bahagia bersama teman-temannya didalam video blog tersebut, tetapi di kehidupan nyata seseorang tersebut tekenal anti sosial dikalangan teman-temannya. Hal ini bisa saja berpengaruh terhadap psikis seseorang.
            Dulu kita membutuhkan bahu seseorang untuk kita bersandar dan menjadi salah satu orang kepercayaan kita untuk berbagi keluh kesah kita, dan siap mendengarkan semua curahan hati kita. Tetapi semenjak adanya fenomena vlog tak sedikit seseorang membuat video blog yang ceritakan tentang curahan isi hati mereka, dan ini bukan jadi rahasia umum lagi. Bahkan dengan cara begini publik bisa melihat dan mengetahui apa yang sedang dialami oleh vlogger tersebut. Tidak semua publik pro dengan vidoe blog yang dibuat oleh vlogger, masih ada sebagian yang bersikap kontra, dan kemungkinan hal yang dapat terjadi dari para kontra ini malah bisa mengakibatkan gangguan psikis lebih mendalam untuk vlogger. Seseorang yang secara mental telah mengumbar rahasia mereka ke publik, biasanya mereka cenderung kurang dalam komunikasi intrapersonalnya, akibatnya seseorang menjadi individualis di lingkungan masyarakat.
            Bahkan ada beberapa vlogger yang membuat video blog mereka dengan maksud agar publik tau bahwa ia adalah orang yang berkebutuhan cukup. Tidak sedikit juga para vlogger menceriktakan tentang liburan ke luar negeri mereka, memamerkan barang-barang bermerk ternama, dan barang-barang mahal lainnya. Biasanya orang seperti ini memiliki gangguan kepribadian narsistik, dia ingin menampilkan hal untuk memancing pujian ketimbang puas dengan dirinya sendiri.
            Tetapi tidak semua video blog memiliki dampak yang negatif, masih banyak video blog yang berbau dampak positif dan meningkatkan energi positif kita menjadi lebih baik. Kita sebaiknya bisa menggunakan konten media ini secara bijak, dan jangan disalah artikan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar